Minggu, 08 Juni 2008

MEMBANGUN SIKAP WIRAUSAHA

A. PENDAHULUAN
Rasullullah adalah seorang wirausaha yang sukses, beliau adalah seorang yang cerdas dalam menawarkan barang dagangannya, sifat jujur yang beliau miliki merupakan modal utama dalam meyakinkan pada pembeli, disamping itu sikap sopan, dan tegas dalam bisnisnya merupakan bukti ketangguhanya dalam berdagang.
Padahal kunci keberhasilan dalam berwirausaha terletak pada bagaimana seorang mampu menghadirkan dan meyakinkan konsumen menjadi pembeli untuk memenuhi kebutuhannya dan pembeli / user tersebut merasa puas atas hasil yang diperolehnya.
Proses menghadirkan barang atau jasa tidak mesti harus memproduksi barang , bisa juga dilakukan pembelian dari sumber lain , produsen lain, sedangkan proses untuk menyakinkan konsumen untuk bisa menjadi pelanggan, nasabah ataupun pembeli diperlukan kemampuan manajerial yang baik.
Karena tingkat persaingan yang ketat maka kedua hal tersebut diatas dalam upayanya sangat melekat pada diri maupun kelompok pelaku usaha itu sendiri.Tolok ukurnya adalah apakah yang diupayakan telah mencapai hasil yang yang maksimal atau belum. Untuk itu para pelaku usaha dituntut untuk bisa memiliki jiwa dan watak wirausahawan yang handal. Seperti apakah mereka itu ?

B.WATAK PRIBADI WIRAUSAHA

Percaya diri , berorientasi pada tugas dan hasil, ketidak tergantungan, optimis, kebutuhan akan prestasi, berorientasi pada laba, ketekunan dan ketabahan, tekad dan kerja keras, mempunyai dorongan kuat, energik, dan inisiatif ,Kemampuan mengambil resiko , suka pada tantangan, Bertingkah laku sebagai pemimpin, dapat bergaul dengan orang lain, berorientasi ke masa depan, menanggapi saran dan kritik, inovatif dan kreatif., flesibel, punya banyak sumber, serba bisa, mengetahui banyak pandangan ke depan. , prespektif


C. FALSAFAH WIRAUSAHA
Para wirausaha mengambil resiko kegagalan dengan jalan menerima tanggung jawab atas tindakannya sendiri. beberapa wirausaha berhasil setelah mengalami banyak kegagalan. Para wirausaha mempercayai bahwa kegagalan adalah kunci dari keberhasilan, dan dengan adanya kegagalan-kegagalan yang ada akan lebih memacu seorang wirausaha untuk mencoba lagi sampai berhasil.
Belajar dari pengalaman -pengalaman masa lalu yang akan membantu dalam menyalurkan kegiatan -kegiatan untuk mencapai hasil-hasil yang lebih positif dan keberhasilan perupakan buah dari usaha -usaha yang tidak mengenal lelah.


D.PRIBADI WIRAUSAHA
Pengalaman wirausaha dimasa lampau biasanya luas dan beragam serta menentukan situasi kehidupannya sekarang. Untuk mencapai keberhasilan haruslah bersedia belajar dari pengalaman dan berusaha dari waktu ke waktu, menggunakan cara baru untuk meningkatkan produktivitas. Salah satu kunci utama bagi keberhasilan adalah keterlibatan dalam pertumbuhan pribadi secara terus menerus.

5 komentar:

casval mengatakan...

permisi pak numpang nanya...
pertanyaan ini ga sedikitpun menyangkut bisnis...
saya cuma mo nanya apakah anda kenal dengan yang namanya Lisna Aprianty?

kalo anda kenal sama dia tolong bgt kasi tau saya dalam forum
http://www.palangkaraya.org

kalo bisa tinggalkan no hp anda supaya saya bisa menghubungi anda...

Terima Kasih

musni mengatakan...

Ass......salam kenal buat anda

musni mengatakan...

Apakah arti sebuah usaha yang baik buat anda.....?

musni mengatakan...

....maaf ini cuma iseng...kami kami cuma iseng.

Susilo Priyono mengatakan...

ws.wr.wb
mhn maaf mas musni, usaha yang baik adalah usaha yang halal, thoyib dan barokah,,
baik dalam artian baik inputnya maupun proses cara mendapatkannya dan insyaallah barokah..
Amin..